Selasa, 23 September 2014

Nokia, akankah tinggal sejarah?

         Nokia, siapa yang tak mengenal nama itu. Sebuah nama yang pernah mengukirkan sejarah sebagai raja ponsel dunia di era 2000an dengan ponsel-ponselnya yang inovatif. Seiring dengan berjalannya waktu, popularitas Nokia semakin meredup akibat beberapa faktor. salah satu yang paling berpengaruh yaitu hadirnya kolaborasi ciamik antara Samsung dan Android. Ya, betapa terkejutnya Nokia yang sempat menolak kerjasama dengan Android karena dianggap tidak akan diterima pasar. Yang nyatanya justru fakta berbicara lain.



         Demi menaikkan popularitasnya lagi, Nokia menggandeng Microsoft untuk menggarap smartphone yang bertajuk Lumia dengan OS Windows Phone. Tak banyak yang dihasilkan dari kerja sama ini, Nokia semakin terpuruk dengan angka penjualan yang kian menurun. Alhasil, Nokia diakuisisi oleh raksasa software, Microsoft. Berada di bawah naungan Microsoft, tak ayal membuat nokia menyerah. Merk Ponsel yang berawal dari Finlandia ini mencoba kembali peruntungannya dengan mengadopsi OS Android untuk mengisi lini ponsel "X" mereka. Nokia "X" family hadir dengan Android yang "cacat", yaitu tidak bisa mengakses GooglePlay namun diganti dengan akun milik Microsoft. Sempat percaya diri akan mendongkrak penjualan. Namun apalah daya, penjualan Nokia masih tetap terpuruk. Alhasil, Microsoft memegang kendali penuh atas Nokia.

        Beberapa waktu lalu, sempat terlihat render Smartphone besutan Microsoft yang sudah tak menyertakan merk Nokia lagi. Benarkah Nokia akan benar-benar dihilangkan dari ranah ponsel ini? biarlah waktu yang akan menjawab pertanyaan ini awamers,yang jelas merk nokia akan tetap terkenang sebagai ponsel yang berkualitas di hati saya. bagaimana dengan pendapat para awamers?

1 komentar: