Rabu, 12 Maret 2014

Nokia X, lebih mahal dari lumia 520?

Nokia X, resmi diperkenalkan pada ajang MWC dua pekan yang lalu di Barcelona. Pada ajang tersebut, Nokia seolah menjadi "bintang" dan mencuri banyak perhatian. Tidak mengherankan memang, mengingat Nokia yang selama ini setia berdampingan dengan Microsoft, secara tiba-tiba mengalihkan perhatiannya pada Android yang merupakan ciptaan Google tersebut. Nokia seri X digadang-gadang sebagai mid-range level, yaitu sebagai penengah antara seri Asha yg merupakan entry-level nya, dan  seri Lumia yang merupakan seri high-end nya. 
Nokia X Android
Dengan alasan tersebut, pantas lah jika kita mengharapkan bahwa android pertama nokia ini juga akan berada diantara seri Asha dan Lumia dari segi harga. Namun sepertinya, harapan itu belum tentu dibenarkan oleh Nokia. Pada hari selasa lalu (11/03/2014) saya sedikit dikejutkan dengan kabar bahwa Nokia X sudah menyambangi pasar di India, dari salah satu situs favorit saya yaitu jeruk nipis. Mendengar kabar yang membahagiakan itu, saya menjadi antusias membacanya. Karena saya pikir berarti nokia android itu akan segera menancapkan benderanya di Tanah air Indonesia ini. Alih-alih menjadi semakin senang. mood saya malah langsung berubah setelah membaca seluruh informasinya.

Di Negara India, Nokia X dijual dengan harga mulai Rp1,6 juta. Sementara Nokia lumia 520 di negara tersebut dijual hanya dengan harga Rp1,4 juta. Hal ini berarti bahwa harga Nokia X lebih mahal daripada Nokia lumia 520. Menempatkan diri sebagai calon pembeli, saya akan berpikir sekian kali untuk membeli Ponsel tersebut. Sebab jika kita bandingkan, Nokia Lumia 520 lebih unggul dari segi spesifikasi yaitu: layar IPS LCD 4" WVGA (480x800), Qualcomm Snapdragon S4 dual core 1ghz, RAM 512 mb, 5 mp kamera, windows phone 8 OS. sedangkan Nokia X : layarIPS LCD 4" WVGA(480x800), prosesor Qualcomm Snapdragon S4 dual core 1ghz, RAM 512 mb, 3 mp kamera. 

Dari situ terlihat bahwa Nokia Lumia 520 unggul dalam sektor kamera, yang merupakan poin plus dari Nokia menurut saya. Sedangkan dari segi prosesor, walaupun Nokia X dan Lumia 520 memiliki kapasitas RAM yang sama yaitu 512 MB. namun akan Nokia 520 akan lebih smooth dalam pengoperasiannya, karena menggunakan windowsphone 8 OS. dan sedikit  akan lag pada Nokia X yg telah menggunakan Android OS. Nokia X memang menang di sektor dual sim. karena Lumia 520 tidak mendukung dual sim. Namun tetap saja, jika dihadapkan pada pilihan Nokia lumia 520 dengan harga 1,4 juta atau Nokia X dengan harga 1,6 juta. saya lebih memilih Lumia 520. yang jelas jelas lebih unggul dalam sektor kamera. Bagaimana dengan anda? mana yang anda pilih? yang pasti pilih lah sesuai kepribadian anda dan kantong anda. hehe salam blogger ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar